Nama
: Ilyas Pratama Putra Ismail
NIM : 291417008
TABLE OF CONTENT
Table of Contens
digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menysipkan
daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode otomatis yang
dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan subjudul secara otomatis dari file
dokumen yang tengah Anda garap. Itulah sebabnya, sebelumnya Anda perlu
memformat heading style atau format judul pada dokumen yang tengah dikerjakan.
Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul atau subjudul
sudah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula Anda dengan
leluasa dapat mengatur daftar isi yang sudah disisipkan. Ada pula icon lain
selain Table Of content, yaitu :
Add Text: digunakan
untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar
isi yang sudah dibuat.
Update Table:
digunakan untuk memperbarui daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen,
misalnya saat Anda menghapus suatu judul atau subjudul tidak secara otomatis
mempengaruhi status daftar isi. Update Table berfungsi untuk sinkronisasi
antara daftar isi dengan perubahan terkini dalam dokumen.
Membuat Daftar
Isi dengan Menggunakan Table of Content
Daftar isi
digunakan untuk mempercepat pencarian dokumen dan juga untuk mengetahui secara
garis besar yang terdapat pada dokumen. Mungkin anda sudah pernah membuat
daftar isi dengan menggunakan tabs, nah pada tutorial kali ini saya akan
membahas membuat daftar isi dengan menggunakan table of content. keunggulannya,
dengan menggunakan table of content akan menghemat waktu karena kita tidak
perlu mengetik daftar isi akan tetapi kita harus mempunyai contoh makalah,
skripsi atau tugas akhir terlebih dahulu.
Sebelum membuat
daftar isi kita seleksi terlebih dahulu isi teks pada makalah, skripsi atau
tugas akhir yang akan dibuat daftar isi.
Berikut
penjelasannya :
Langkah 1
Setiap makalah,
skripsi, ataupun tugas akhir pasti mempunyai judul (BAB I, BAB II dsb), sub
judul (1.1. atau A. dsb), sub sub judul (1.1.1 atau a. dsb)
Setiap Judul
dijadikan Level 1
Sub Judul
dijadikan level 2
Sub sub judul dijadikan level 3
Adapun
langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :
·
Seleksi teks terlebih dahulu
·
Aktifkan tab reference
·
Klik tombol Add teks lalu klik tombol level
1 sehingga teks yang diseleksi akan dijadikan BAB
Membuat
Level dalam Table of Content
Langkah 2
·
Untuk membuat sub judul, seleksi teks yang
dimaksud
·
Kemudian lakukan hal yang sama seperti langkah
diatas, lalu klik tombol level 2
Membuat
Level dalam Table of Content
Langkah 3
Untuk membuat sub
judul yang lainnya, ikuti langkah yang sama seperti langkah diatas lalu klik
tombol level 3.
·
Jika sudah selesai melakukan seleksi terhadap
judul dan sub judul, letakkan kursor pada area yang kosong untuk membuat daftar
isi
·
Pada tab reference, klik tombol table
of contents
·
Lalu klik tombol automatic table 1
Kotak Dialog Table of Content
Maka bab dan sub
bab yang telah diberi level akan membuat daftar isi secara otomatis. Dan
hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :
Tampilan Daftar Isi dengan menggunakan
Table of Content
Komentar
Posting Komentar