T3_Ilyas_Pratama_Putra_Ismail_291417008_AKI

Nama                         :   Ilyas Pratama Putra Ismail
NIM                 :   291417008
TABLE OF CONTENT
Table of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menysipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode otomatis yang dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan subjudul secara otomatis dari file dokumen yang tengah Anda garap. Itulah sebabnya, sebelumnya Anda perlu memformat heading style atau format judul pada dokumen yang tengah dikerjakan. Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul atau subjudul sudah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula Anda dengan leluasa dapat mengatur daftar isi yang sudah disisipkan. Ada pula icon lain selain Table Of content, yaitu :
Add Text: digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
Update Table: digunakan untuk memperbarui daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen, misalnya saat Anda menghapus suatu judul atau subjudul tidak secara otomatis mempengaruhi status daftar isi. Update Table berfungsi untuk sinkronisasi antara daftar isi dengan perubahan terkini dalam dokumen.

Membuat Daftar Isi dengan Menggunakan Table of Content
Daftar isi digunakan untuk mempercepat pencarian dokumen dan juga untuk mengetahui secara garis besar yang terdapat pada dokumen. Mungkin anda sudah pernah membuat daftar isi dengan menggunakan tabs, nah pada tutorial kali ini saya akan membahas membuat daftar isi dengan menggunakan table of content. keunggulannya, dengan menggunakan table of content akan menghemat waktu karena kita tidak perlu mengetik daftar isi akan tetapi kita harus mempunyai contoh makalah, skripsi atau tugas akhir terlebih dahulu.
Sebelum membuat daftar isi kita seleksi terlebih dahulu isi teks pada makalah, skripsi atau tugas akhir yang akan dibuat daftar isi.
Berikut penjelasannya :
Langkah 1
Setiap makalah, skripsi, ataupun tugas akhir pasti mempunyai judul (BAB I, BAB II dsb), sub judul (1.1. atau A. dsb), sub sub judul (1.1.1 atau a. dsb)
Setiap Judul dijadikan Level 1
Sub Judul dijadikan level 2
Sub sub judul dijadikan level 3
Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :
·           Seleksi teks terlebih dahulu
·           Aktifkan tab reference
·           Klik tombol Add teks lalu klik tombol level 1 sehingga teks yang diseleksi akan dijadikan BAB
Membuat Level dalam Table of Content
Langkah 2
·      Untuk membuat sub judul, seleksi teks yang dimaksud
·         Kemudian lakukan hal yang sama seperti langkah diatas, lalu klik tombol level 2
Membuat Level dalam Table of Content
Langkah 3
Untuk membuat sub judul yang lainnya, ikuti langkah yang sama seperti langkah diatas lalu klik tombol level 3.
·      Jika sudah selesai melakukan seleksi terhadap judul dan sub judul, letakkan kursor pada area yang kosong untuk membuat daftar isi
·      Pada tab reference, klik tombol table of contents
·      Lalu klik tombol automatic table 1

http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2011/08/irama41.jpg
Kotak Dialog Table of Content
Maka bab dan sub bab yang telah diberi level akan membuat daftar isi secara otomatis. Dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :
http://news.palcomtech.com/wp-content/uploads/2011/08/irama5.jpg
Tampilan Daftar Isi dengan menggunakan Table of Content


Komentar